Peta Batimetri

Mendapatkan peta batimetri digital dari lembaga-lembaga nasional saat ini memang masih susah, kalaupun ada mungkin perlu mengeluarkan biaya yang sedikit ekstra apalagi untuk ukuran mahasiswa, belum lagi ditambah tidak semua wilayah perairan kita memiliki peta batimetri digital.Bagaimana cara mengatasinya?

Saat ini peta-peta batimetri yang gratis dan dalam format digital sudah banyak tersedia di internet misalnya:

Memang untuk dapat mengakses file-file tersebut diperlukan koneksi internet yang cukup bagus karena ukuran datanya cukup besar. Data TerrainBase memiliki ukuran sekitar 17MB, ETOPO2 berukuran 80MB, SSB berukuran 133MB, dan GEBCO berukuran 274MB (semua dalam kondisi terkompres).

Cukup dengan ini..?

Beberapa hari belakangan ini, beberapa teman sering bertanya kepada saya, bagaimana caranya agar peta lembaran yang dia dapatkan dari salah satu instansi dapat dibuat menjadi digital.. karena data yang didownload terlalu kasar (kebetulan dia mengambil pada area yang sempit dan dekat pantai)…

Banyak jalan menuju Roma… itu kata orang tua saya dulu..

Salah satu caranya, kita dapat mendigit peta tersebut dengan Arc View, memang akan memakan waktu, tapi gak ada salahnya mencoba.. Nah berikut ini saya coba paparkan secara singkat langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk digitasi peta dengan Arc View

Digitasi Peta dengan Arc View

  • Aktifkan “extension” image analysis, TIFF or JPEG
  • Add Theme, pilih gambar yang mau didigitasi.
  • Tool Align akan aktif
  • Kita akan memulai dengan penentuan titik kontrol. Pilih Tool Align
  • Klik kiri disalah satu titik sudut, mouse jangan digeser kemudian klik kanan pada mouse
  • Pilih “Enter To Coordinate (pada bagian paling bawah)
  • Masukkan koordinat x (bujur) dan y (lintang)
  • Setelah nilai koordinat dimasukkan, klik OK
  • Ulangi langkah diatas untuk titik sudut yang lainnya.
  • Proses registrasi pada titik control, dapat dilakukan dengan memasukkan nilai koordinat pada tiga titik sudut
  • Untuk proses digitasi, klik View, kemudian pilih New Theme
  • Pilih bentuk theme yang akan kita buat (Pilihan dapat berupa Point, Line dan Polygon).
  • Klik OK, akan muncul perintah akan disimpan dimana dan nama file theme tersebut
  • Jika anda memilih line, maka pada toolbar klik gambar garis, kemudian buatlah garis yang akan anda jadikan sebagai line
  • Setelah selesai, Klik Theme kemudian pilih Stop Editing, maka garis yang anda buat akan dijadikan sebagai theme baru
  • Selamat mencoba dengan bentuk theme-theme yang lainnya

SELAMAT MENCOBA & SUKSES UNTUK ANDA

6 thoughts on “Peta Batimetri

  1. m. sayidina ali April 27, 2009 / 2:39 pm

    saya ingin bertanya bagaimana untuk download data batimetri so saya udah coba tapi gagal. mohon bantuannya

  2. wira May 6, 2009 / 9:07 pm

    mas, bingung cara dunludnya, aku coba di GEBCO …. ajari dong. krm lwt email ya. thx

  3. edy wiyono May 26, 2010 / 12:04 am

    mohon peta batimetri kabupaten Situbondo utk kelengkapan RTRW

  4. Dedi Setiabudidaya July 8, 2010 / 3:19 pm

    Saya baru belajar ArcView,… bisa dikirim melalui e-mail tempat mendownload panduan belajar yang bagus namun gratis ?
    Terima kasih.

  5. Reagan Septory January 20, 2011 / 10:21 am

    Mas, terima kasih untuk infonya.. apakah punya koleksi data batimetri untuk daerah lokal? [selat Bali]

  6. Baiq Tety July 28, 2011 / 1:17 pm

    Bagus sekali infonya.. Tapi bingung juga cara downloadnya..
    Padahal saya butuh peta batimetri wilayah Perairan Prigi Jawa Timur untuk skripsi saya. Saya senang sekali bila ada yg bersedia membantu saya. Makasih sebelumnya..

Leave a comment